Home » , » pelabuhan dorak selatpanjang di gesa pengerjaannya

pelabuhan dorak selatpanjang di gesa pengerjaannya

Written By Deny on Jumat, 10 Januari 2014 | 21.08

Realisasi Dilapangan Masih Minim

SELATPAJANG – Komisi II DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti mendesak agar Pemkab Kepulauan Meranti  menggesa pengerjaan pembangunan Pelabuhan Dorak yang berada disisi darat.  Sesuai dengan master plan bahwa pembangunan Pelabuhan Dorak pada tahun 2014 pembangunan Pelabuhan Dorak ini harus sudah tuntas. Karena pada tahun 2015 nanti akan dioperasikan.
Namun melihat aktifitas pengerjaan dilapangan masih minim, jelas ini tidak akan terwujud. Desakan ini datang dari Ketua Koisi II DPRD Kabupaten  Kepulauan Meranti Basiran Sarjono,SE,MM, Rabu (11/9). Ia  mengatakan realiasi pengerjaan pembangunan Pelabuhan Dorak untuk tahun anggaran 2013 masih minim. Dari total alokasi anggaran 50 miliar rupiah yang diangarkan di APBD tahun 2013 belum memenuhi target.

Sementara waktu efektif penggunaan angaran untuk tahun 2013 sudah memasuki bulan Septermber, artinya tinggal menghitung hari menjelang masa ahir tahun. “Idealnya, realisasi serapan penggunaan anggaran sudah mencapai 30-40 persen. Namun, dari hasil evaluasi pengerjaan di lapangan baru mencapai 10-15 persen. Untuk itu, kita minta agar satker terkait menggesa pihak rekanan untuk bekerja lebih keras agar bisa berjalan maksimal” ungkap Basiran Sarjono.

Pelabuhan Dorak lanjut Basiran, merupakan sarana fital untuk menunjang posisi Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai kawasan niaga masa depan. Sebagai gerbang ekonomi, idealnya pelabuhan Dorak sudah harus beroperasi pada tahun 2015 sebagaimana yang dibentangkan Pemkab dalam masterplan pembangunan pelabuhan tersebut. Tapi mengacu pada realiasinya, komisi II khawatir sulit untuk teralisasai.  Ini harusnya menjadi bahan evaluasi pihak satker terkait untuk lebih memaksimalkan pelaksanan pengerajaan pembangunan  kawasa pelabuhan Dorak.

Belum Ada Pencairan

Ditempat terpisah Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom Kabupaten  Kepulauan Meranti Azmi Ibrahim, Rabu (11/9) mengatakan pihaknya terus meningkatkan pengawasan pelaksanaan pengerjaan di lapangan terhada pengerjaan sisi darat Pelabuhan Dorak. Untuk tahun 2013 ini, dialokasikan sebesar Rp50 miliar yang meliputi item pengerjaan penimbunan kawasan pelabuhan Dorak. Dari  hasil evaluasi dilapangan, memang realisasinya belum berjalan maksimal. Diperkirakan realisasi pengerajan dilapangan baru berjalan 10 persen. Meskipun demikian, pihaknya tetap optimis rekanan kontraktor  mampu mengerjakan seluruh rangkian item pengerjaan selesai 100 persen sesuai batas waktu pengerjaan per 25 Desember 2013.

“Kita tetap optimis, pengerjaan dilapangan akan selesai sesuai dengan jadual. Dan untuk serapan, sampai hari ini belum ada pencairan dalam realisasi pengerjaan pembangunan Pelabuhan Dorak untuk tahun anggaran 2013. Realisasi pengerajan fisik dilapangan beru mencapai 12- persen” ungkap Azmi Ibrahim
 
sumber : haluankepri

Bagikan ke:

Posting Komentar

 
Copyright © riaukepri - All Rights Reserved
Template Craeted by : Agoengsang
Proudly Powered by Blogger