Home » , , » Jelang Imlek 2014, Harus mudik ke Selatpanjang membludak

Jelang Imlek 2014, Harus mudik ke Selatpanjang membludak

Written By Deny on Jumat, 17 Januari 2014 | 21.39

Jelang perayaan Tahun Baru Imlek, terjadi peningkatan arus penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang hingga 50 persen dari hari biasa. Terutama penumpang yang berangkat ke Selat Panjang terjadi peningkatan yang signifikan.

mudik-natal.gif
ilustrasi 
Pantauan batamtoday pada Jumat (20/1/2012), sejak pukul 08.00 WIB hingga siang pukul 12.00 WIB terlihat ratusan penumpang berbondong-bondong menaiki kapal melalui terminal keberangkatan Pelabuhan Domestik. Terutama penumpang yang hendak berangkat ke pulau-pulau seperti Selat Panjang dan ke Tanjung Batu. 
Mei, salah satu penumpang mengatakan memilih berangkat hari ini agar bisa lebih lama berada di kampung halaman untuk merayakan Imlek di Selat Panjang bersama dengan keluarga besarnya.
"Kalau berangkat hari Sabtu atau Minggu pasti padat banget penumpangnya. Kalau berangkat sekarang masih agak longgar," kata Mei yang sudah tiga tahun merantau di Batam. 
Erwin, Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang mengatakan jumlah penumpang sehari sebelumnya, Kamis (19/1/2012) sebanyak 800 orang. Untuk hari ini diperkirakan terjadi lonjakan penumpang hingga 50 persen. 
"Puncak arus mudik diperkirakan besok sama lusa. Untuk hari ini penumpang yang paling banyak itu ke Selat Panjang," ujar Erwin. 
Sedangkan untuk arus balik, diperkirakan mulai tanggal 24 Januari 2012 sampai 29 Januari 2012. Pasalnya, tanggal 30 Januari 2012 rata-rata sudah habis masa liburan. 
"Kalau arus balik biasanya dua hari setelah hari raya Imlek," kata Erwin. 
Terpisah, Hasan, Direktur MV Batam Jet juga mengatakan puncak arus mudik terjadi pada Sabtu dan Minggu. Antisipasi lunjakan penumpang pihaknya akan menyediakan tiga unit kapal tambahan dengan rute Selat Panjang dan Dumai. 
"Besok standby tiga kapal yang berangkat pukul 07.30 WIB. Dua untuk tujuan Selat Panjang dan satu kapal untuk tujuan Dumai. Diperkirakan penumpang paling banyak ke Selat Panjang, meningkat hingga seratus persen," kata Hasan.

sumber berita : batamtoday.com
Bagikan ke:

Posting Komentar

 
Copyright © riaukepri - All Rights Reserved
Template Craeted by : Agoengsang
Proudly Powered by Blogger